Dalam memanggang wajan yang hangat ini, bawang – ditumis dengan jinten, ketumbar dan allspice sampai berwarna emas dan aromatik – lakukan tugas ganda. Mereka membentuk dasar saus tomat yang digunakan untuk melapisi pasta, dan dicampur dengan Cheddar parut untuk topping, di mana helai bawang bercampur dengan keju meleleh dan lengket. Sangat memuaskan dan mudah, dengan pasta yang dipanggang dalam wajan yang sama dengan saus. Sajikan sebagai hidangan utama tanpa daging dengan salad renyah di sampingnya, atau sebagai hidangan kaya dengan hidangan ayam atau ikan yang lebih ringan.

Bahan:

6 sendok makan minyak zaitun extra virgin
3 bawang besar, iris tipis
1 daun salam besar
1 ½ sendok teh ketumbar
1 sendok teh jintan
Sedikit cabe rawit, ditambah lagi secukupnya
1 ¼ sendok teh garam laut halus, ditambah lagi sesuai kebutuhan
3 siung bawang putih lemak, dicacah
1 sendok teh biji jintan
1 sendok teh lada hitam
⅛ sendok teh bubuk allspice
1 (15 ons) tomat tomat prem utuh
1 pon pasta kecil, seperti rotini atau kerang
¾ cangkir peterseli cincang atau daun ketumbar (atau gunakan kombinasi daun ketumbar dan peterseli), ditambah lagi untuk penyajian
8 ons parut Cheddar
½ cangkir parut Parmesan
Saus pedas, untuk disajikan (opsional)

 

Persiapan:

  • Panaskan 1/4 cangkir minyak dalam wajan 12 inci di atas api besar. Tambahkan bawang dan daun salam, dan masak, aduk sesering mungkin, sampai lunak dan berwarna kecoklatan, 12 hingga 20 menit. (Kurangi panas jika wajan mulai hangus.) Kecilkan api sedang, dan aduk ketumbar, jintan halus, cabai rawit dan 1/4 sendok teh garam; masak 1 menit lagi. Pindahkan setengah bawang ke mangkuk dan sisakan (biarkan daun salam di wajan).
  • Tambahkan bawang putih, biji jintan, merica dan allspice ke wajan, lalu aduk. Masak sampai harum, sekitar 1 menit. Tuang jus dari tomat kalengan. Gunakan tangan atau gunting dapur untuk meremas atau memotong tomat menjadi beberapa bagian dan menambahkan ke dalam panci. Isi kaleng tomat kosong dengan air, dan tuangkan ke wajan. Tambahkan sisa 2 sendok makan minyak dan sisa 1 sendok teh garam, dan didihkan. Didihkan sampai mengental, sekitar 20 menit. Cicipi, dan tambahkan lebih banyak garam dan cabai jika Anda suka. Hapus daun salam.
  • Saat memasak campuran, panaskan oven hingga 400 derajat dan didihkan. Masak pasta sampai sekitar 2 menit sebelum al dente. Cadangan 1 cangkir air pasta, dan tiriskan pasta.
  • Aduk pasta, air pasta yang disediakan, dan peterseli ke dalam wajan dengan saus tomat. Top dengan bawang kecoklatan yang dipesan, Cheddar dan Parmesan. Pindahkan ke oven dan panggang sampai berwarna keemasan dan bergelembung, 20 hingga 25 menit. Jika Anda suka, Anda dapat menjalankan wajan di bawah panggangan untuk membuat cokelat bagian atas, atau biarkan apa adanya. Biarkan agak dingin, tambahkan dengan lebih banyak peterseli, jika diinginkan, dan sajikan dengan saus pedas, jika diinginkan.
Categories: Resep Masakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *