Resep Simple Nasi Kunyit

Tidak peduli bagaimana Anda memodifikasi nasi satu pot ini, itu tidak dapat membantu tetapi sekaligus menghibur dan meramaikan: nasi dimasak dengan kunyit, lada hitam dan santan yang kaya, yang semuanya dicerahkan oleh campuran kelapa, biji wijen, dan jeruk nipis . Sayuran hijau, yang mudah dimasak di atas nasi, dapat ditukar dengan apa pun yang menguap dalam 10 menit, seperti kacang polong beku atau edamame, kacang hijau, brokoli, wortel parut atau adas iris. Sambil makan sendiri, nasi ini juga enak ditemani tahu, ikan putih, paha ayam, atau kacang hitam rebus. Disiapkan seperti yang ditulis, hidangan ini memiliki rasa yang relatif murni, ringan, jadi jika Anda ingin lebih semangat, tambahkan lebih banyak kunyit dan kunyit dan bumbui dengan banyak garam dan lada saat Anda memasak.

Bahan:

2 gelas beras panjang, seperti melati atau basmati
½ cangkir serpihan kelapa tanpa pemanis
1 sendok makan biji wijen putih atau hitam
2 sendok makan minyak kelapa
1 daun bawang, irisan tipis, bagian putih dan hijau dipisahkan
1 sendok teh kunyit bubuk
½ sendok teh lada hitam, ditambah lagi sesuai kebutuhan
1 (14 ons) dapat santan penuh lemak
Sedikit saffron (opsional)
Garam halal
1 kangkung seikat sedang, bayam atau lobak Swiss
1 jeruk nipis

 

Persiapan:

  • Bilas beras sampai air mengalir jernih. Kuras dan sisihkan.
  • Dalam panci sedang atau oven Belanda, panggang kelapa dan biji wijen di atas api sedang-rendah, aduk sesekali, sampai harum, 3 hingga 5 menit. (Sesuaikan panas sesuai kebutuhan untuk mencegah pembakaran.) Pindahkan ke mangkuk kecil. Bersihkan panci.
  • Dalam pot yang sama, cairkan minyak kelapa di atas api sedang-rendah. Tambahkan bawang putih, kunyit, dan 1/2 sendok teh lada hitam dan masak, aduk, hingga aromatik dan ringan dipanggang, 3 hingga 5 menit.
  • Tambahkan nasi, santan, kunyit (jika menggunakan), dan 1 1/2 sendok teh garam. Isi kaleng santan kosong dengan air dan tambahkan ke panci. Aduk campuran ini untuk memisahkan benjolan dan didihkan dengan api sedang-tinggi.
  • Setelah mendidih, tutup, kecilkan api, dan biarkan mendidih selama 10 menit.
  • Saat nasi dimasak, lepaskan dan buang batang keras daun hijau, jika perlu, dan potong atau robek daun menjadi potongan-potongan seukuran gigitan. Ketika nasi telah matang selama 10 menit, atur sayuran di atas nasi dalam lapisan yang merata dan bumbui dengan garam dan merica. Tutup, dan masak sampai nasi empuk, 5 menit lagi. Angkat dari api dan biarkan, tertutup, 5 menit.
  • Saat nasi beristirahat, zest jeruk nipis dan potong menjadi 4 irisan. Tambahkan 1/2 sendok teh kulit ke dalam campuran kelapa-wijen, bersama dengan daun bawang daun bawang. Bumbui dengan garam dan merica, aduk rata.
  • Dengan lembut aduk hijau ke dalam nasi menggunakan spatula atau garpu, bumbui dengan garam dan merica. Membagi di antara mangkuk. Taburkan campuran kelapa di atasnya dan sajikan dengan irisan jeruk nipis untuk diperas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *