Pasta yang mudah, dan yang bagus untuk setiap repertoar juru masak, hidangan ini – dikenal sebagai pasta “mabuk”, spaghetti ubriachi (atau all’ubriaco) atau pasta alla chiantigiana – membutuhkan beberapa bahan: anggur merah, bawang, minyak zaitun dan pecorino parut . Ini dapat dibuat tanpa daging, tetapi biasanya mengandung sejumlah kecil pancetta, guanciale atau sosis Italia. Spaghetti anggur merah yang dibumbui dengan baik dan lezat, merupakan hidangan dadakan yang lezat.

Bahan:

Garam dan merica
1 (750-mililiter) botol anggur merah kering sedang, seperti merlot, pinot noir atau Chianti
3 sendok makan minyak zaitun extra virgin
5 ons pancetta atau bacon, diiris tebal dan dipotong menjadi 1/4-inch lardons, direbus selama 1 menit dalam air mendidih dan dikeringkan
1 bawang merah, potong setengah bulan setebal 1/8 inci
4 siung bawang putih besar, iris tipis
Sedikit serpihan cabe merah
1 sendok makan pasta tomat
1 daun salam
Spaghetti 1 pon
2 sendok makan mentega tawar
4 ons pecorino parut halus atau Parmesan
Daun kemangi, untuk hiasan

Persiapan:

Langkah Pertama

  • Letakkan panci besar berisi air asin di atas api besar dan didihkan. Tambahkan 1 gelas anggur dan kecilkan api.

Langkah Kedua

  • Panaskan minyak zaitun dalam wajan lebar di atas api sedang. Tambahkan pancetta ke dalam wajan dan biarkan mendesis selama 2 atau 3 menit, sampai agak kecoklatan. Angkat dengan sendok berlubang dan sisihkan.

Langkah Ketiga

 

  • Angkat sedikit panas dan tambahkan bawang. Bumbui dengan garam dan merica, aduk rata. Terus memasak, aduk, sampai lunak, sekitar 5 hingga 7 menit.

Langkah Keempat

  • Tambahkan bawang putih, serpihan cabai merah dan pasta tomat, dan aduk untuk didistribusikan. Tambahkan daun salam dan semua anggur merah yang tersisa dan nyalakan api menjadi tinggi. Biarkan anggur berkurang dengan cepat setengahnya, sekitar 10 menit. Matikan api.

Langkah Kelima

  • Bawa air pasta kembali mendidih, tambahkan pasta dan masak kurang lebih 2 hingga 3 menit seperti yang disarankan oleh petunjuk paket – yaitu, jaga agar pasta tetap kencang dan tidak matang. Ini akan selesai memasak dalam saus.

Langkah Keenam

  • Cadangan 1 gelas air rebusan pasta, dan tiriskan pasta. Tambahkan pasta ke campuran anggur merah di wajan dan putar panas ke sedang-tinggi. Biarkan pasta meresap ke dalam saus dan terus memasak, aduk, karena pasta menyerap saus. Spageti seharusnya sudah benar dalam beberapa menit dan saus akan melapisi pasta. Tambahkan sedikit air rebusan pasta jika saus terlalu kental.

Langkah Ketujuh

  • Aduk dalam pancetta yang sudah dipesan, mentega dan setengah keju parut dan aduk rata. Cicipi mie, dan tambahkan taburan garam ke wajan jika perlu. Aduk sekali lagi dan pindahkan ke piring saji yang hangat. Hiasi dengan daun kemangi dan berikan sisa keju di meja.

 

Categories: Resep Masakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *